Selayang Pandang

PROFIL PESANTREN KHATAMUN NABIYYIN

  1. LATAR BELAKANG

       Khatamun Nabiyyin Study Center adalah lembaga yang bergerak di bidang program study Ma’arif Islamiyah & Bahasa Arab untuk tamatan SMA/Sekolah Tinggi serta program Tahfidz Al-Qur’an khusus untuk tamatan SMP. Program ini merupakan paket studi selama 2 tahun secara intensif yang ditunjang dengan program pengembangan skill intelektual dan pembinaan akhlak.

       Pondok pesantren Khatamun Nabiyyin adalah lembaga pendidikan yang dirintis sejak tahun 2010, dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama selama 2 tahun secara intensif serta pengajaran berbahasa arab secara penuh. Pondok pesantren ini adalah bagian dari Yayasan Khatamun Nabiyyin Study Center yang disahkansesuai dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : AHU- 1936.AH.01.04.Tahun 2012 pada tanggal 24 April 2012 di Jakarta.

       Pondok pesantren Khatamun Nabiyyin berusaha untuk mendidik generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap seluruh aspek-aspek ke-Islaman yang Rahmatan lil ‘Alamin. Pendidikan selalu diupayakan untuk terbentuknya santri yang memiliki keimanan yang kuat, kekuatan secara pemikiran, keluasan dan kedalaman pengetahuan dalam bidang ke-Islaman, kesederhanaan, kemandirian, kebebasan berfikir, serta berkomitmen tinggi terhadap agama dan bangsa dengan berlandaskan Al-Qur’an, Sunnah Rasul Saw, dan nilai luhur Pancasila

       Sebagai jenis pesantren yang menggabungkan antara model pendidikan tradisional dan modern, dengan program pembelajaran kelas yang berbasis pada kitab berbahasa Arab, santri diarahkan untuk memiliki pemikiran terbuka dan moderat. Disiplin dan kesederhanaan menjadi bagian dari pembimbingan.

       Pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta aktivitas harian santri dikelola oleh ustadz/ah dengan latar belakang pendidikan baik pesantren maupun perguruan tinggi, yang sebagian besarnya tinggal satu lokasi bersama para santri dan secara penuh berinteraksi, mengawasi serta mendidik para santri.

       Santri yang belajar di Khatamun Nabiyyin adalah mereka yang sebelumnya belum sempat mengenyam pendidikan pesantren dan telah menyelesaikan pendidikan umum menengah atas atau perguruan tinggi. Santri diwajibkan untuk mukim di asrama yang menyatu dengan tempat pendidikan yang berada dalam pengawasan ustadz/ah selama 24 jam. 

       Khatamun Nabiyyin Study Center kini telah menempati gedung baru yang terletak di jalan Munggang Nomor 25 Rt 008/Rw 001, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Kota Jakarta Timur, yang sebelumnya bertempat di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat.

  • VISI, MISI, DAN TUJUAN
  • Visi

Membina generasi muda Islam yang aktif, kreatif, inovatif, dan berkomitmen tinggi terhadap agama dan bangsa berlandaskan Al-Qur’an, Sunnah Rasul Saw, dan nilai luhur Pancasila.

  • Misi
  • Membangun generasi untuk memiliki kemampuan dasar dan menguasai ilmu-ilmu keislaman mendasar secara komprehensif.
  • Membangun generasi yang mampu mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman dan nilai-nilai Al-Qur’an dalam konteks kehidupan sosial keindonesiaan dengan bersandar kepada pilar-pilar kebangsaan.
  • Membangun generasi untuk mengembangkan keahlian dan keilmuan Islam berbasis pada riset.    
  1. Tujuan

Menghasilkan generasi yang memiliki pemahaman yang mendalam dan wawasan keislaman yang komprehensif, berjiwa Qur’ani, berakhlak mulia, mempunyai keahlian dalam pengembangan keilmuan, terbuka dan responsif terhadap perubahan sosial ke-Indonesiaan.

  • MOTTO

       Moto pesantren Khatamun Nabiyyin adalah :  

  1. Aktif
  2. Kreatif
  3. Inovatif
  • FASILITAS PESANTREN

       Fasilitas pendukung berbagai kegiatan baik untuk pembelajaran maupun kegiatan lainnya, Khatamun Nabiyyin di lengkapi dengan fasilitas sebagai berikut:

  1. Fasilitas Ibadah

Musholla 2 unit yang terintegrasi dengan ruang pendidikan.

  • Fasilitas Sekolah

Ruang kelas 2 unit, aula serbaguna, studio audio visual, perpustakaan konvesional dan digital dengan koleksi buku tiga bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Indonesia.

  • Fasilitas asrama

Gedung asrama yang terdiri 2 unit yang terpisah untuk santri dan santriwati, ranjang, meja, lemari.  

  •  Fasilitas pendukung

Dapur, konsumsi harian, koperasi, ruang atau sekretariat organisasi santri, unit-unit pengembangan skill, fasilitas olahraga, beasiswa dan tabungan santri.

  • KURIKULUM, SISTEM PENGAJARAN DAN BAHASA PENGANTAR

       Kurikulum pendidikan terdiri dari 7 kategori pelajaran yaitu Fiqh dan Ushul Fiqh, Mantik–Akidah-Kalam, Tafsir-Ulumul Qur’an-Hadis, Tarikh/Sejarah, Sastra Arab, Penelitian Ilmiah, dan Pelajaran Kemahiran & Life Skill. Sistem pengajaran adalah dengan mengkaji kitab-kitab yang telah ditentukan sebagai referensi utama pembelajaran. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Untuk memberikan penunjang dalam penguasaan bahasa arab diselenggarakan juga kegiatan–kegiatan di luar kelas yang sudah terjadwal secara harian, mingguan dan bulanan seperti muhadatsah yaumiyah, muhadharah, dan munadzarah.

       Sesuai dengan kurikulum pendidikan yang dimiliki oleh Khatamun Nabiyyin maka pelajaran yang wajib diterima oleh setiap santri adalah :

  1. Bahasa Arab
  2. Nahwu 1, 2, 3
  3. Sharaf
  4. Ilmu Balaghah
  5. Ulumul Qur’an
  6. Ilmu Tajwid
  7. Hifdzul Qur’an
  8. Ilmu Tafsir
  9. Tafsir Tartibi 1 dan 2
  10. Tafsir Tematik 1 dan 2
  11. Ilmu Hadits
  12. Akidah 1, 2, 3, dan 4
  13. Logika 1, 2, dan 3
  14. Sejarah Islam 1 dan 2
  15. Sejarah Peradaban Islam
  16. Sejarah Tasyri’ Islami
  17. Perbandingan Agama dan Madzhab
  18. Fikih 1, 2, 3 dan 4
  19. Fikih Argumentasi
  20. Fiqh Perbandingan
  21. Qawaid Fiqhiyah
  22. Ushul Fiqih 1, 2, dan 3
  23. Pengantar Filsafat
  24. Pengantar Tasawwuf
  25. Kalam Jadid
  26. Metodologi Penelitian

       Adapun kitab yang dikaji dan menjadi referensi utama dalam pembelajaran, di antaranya:

Al-Mabadi al-Awaliyah, Durus fi ‘Ilmi al-Ushul, Fath al-Mu’in, Ihya Ulumuddin, Tamhid al-Fiqh al Istidlaly, al-Qawaid al-Fiqhiyah, Bidayah al-Mujtahid, Khulasah Mantiq, Mantiq al-Mudzafar, Bidayah al-Ma’rifah, al-Durus fi al-‘Aqidah al-Islamiyah, al-Jawahir Kalamiyah, al-Hikmah al-Ilahiyah, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an, Bulugul Maram, Hadits Arbain Nawawi, Tafsir al-Jalalain, al-Manahij al-Tafsiriyah, Mustolah al-Hadits, Kifayatul Akhiyar, Bidayatul Mujtahid, al-Bidayah wa al-Nihayah, al-Jurumiyyah, al-Nahwu al-Wadhih, Syarh Ibnu ‘Aqil , Durus al-Lughah al-‘Arabiyah, Ta’limul Muta’alim, al-Hikam.    

  • KEGIATAN EXTRAKURIKULER

       Kegiatan ini terdiri dari dua hal yaitu yang wajib diikuti dan pilihan

  1. Kegiatan wajib :
  2. Ceramah harian berbahasa Indonesia
  • Ceramah mingguan berbahasa Arab
  • Diskusi mingguan,
  • Organisasi
  • Tabligh nusantara
  • Pengajian kitab akhlak mingguan
  • Kuliah Umum Kebangsaan
  • Kuliah umum bulanan (sosiologi-antropologi, hadis, tafsir)
  • Kegiatan Pilihan
  • Tilawah
  • Nasyid
  • Desain
  • Keterampilan keteknikan

PENGASUH ATAU PENGAJAR   

    Adapun yang menjadi pengasuh atau pengajar pada Pondok Pesantren Khatamun Nabiyyin adalah :

  1. Ustadz Akbar Saleh sekaligus pimpinan pesantren
  2. Ustadz Iwan Setiawan
  3. Ustadz Ajid Salim
  4. Ustadz Hasyim Adnan
  5. Ustadz Usman Saleh La Ede
  6. Ustadz Andi Alpi AM
  7. Ustadz Andi Rizal Syahrir
  8. Ustadzah Suluki Mahbubah
  9. Ustadzah Arifah
  10. Ustadzah Siti Fathonah

SANTRI      

Adapun jumlah santri yang masih aktif sampai sekarang adalah berjumlah orang dari berbagai wilayah nusantara.