Wisuda Tahfidz ke II Tahun Pelajaran 2020-2021

Madrasah Ulya Li Tahfidz Al-Qur’an dan Dirasah Islamiah Pesantren Khatamun Nabiyyin pada Kamis, 8 Juli 2021, sukses menggelar Wisuda Tahfidz ke II Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosesi wisuda Tahfidz ini digelar secara offline di Aula Khatamun Nabiyyin dan online via Zoom dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat di masa pandemi covid-19, memakai face sheild/masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Acara wisuda ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan kemudian setelah itu dilanjut dengan lantunan pembacaan ayat suci Al-Quran. Sidang wisuda ini dibuka langsung oleh Kiai Akbar Saleh selaku pimpinan sekaligus pengasuh pesantren Khatamun Nabiyyin. Setelah sidang wisuda ini dibuka para dewan guru dan para ustadz dipersilahkan untuk bertanya kepada beberapa peserta wisudawan dan wisudawati secara acak untuk mengetes hafalan Al-Quran mereka berikut menyebutkan surah dan ayat yang dibacanya.

Acara prosesi pengukuhan wisudawan dan wisudawati berjalan dengan khusyu dan khidmad. Para santri satu persatu naik ke atas panggung diiringi dengan instrumental pembacaan doa semakin menambah kesyahduan acara wisuda ini. Setelah acara prosesi wisuda selesai, acara dilanjutkan dengan ikrar dan sumpah setia sebelum akhirnya masuk ke sesi sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama adalah sambutan sekaligus penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan wisudawan dan wisudawati yang dibawakan oleh saudari Wulan Fitri. Kemudian dilanjut dengan sambutan ke dua yang dibawakan oleh salah satu wali santri. Sambutan ketiga adalah sambutan inti yang disampaikan oleh pimpinan pondok pesantren Khatamun Nabiyyin yakni Kiai Akbar Saleh, BA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasanya memiliki anak seorang hafiz Al-Quran adalah sebuah anugerah yang kadarnya tidak bisa dinilai dengan materi. Beliau juga berpesan kepada para wali santri agar tetap menjaga anak-anaknya untuk istiqomah dalam menghafalkan Al-Quran. Karena mereka para penghafal adalah mutiara yang harus dijaga kesuciannya dan dengan izin Allah bisa memberi syafaat kepada kedua orang tuanya di akhirat kelak.

Acara wisuda ini juga dihadiri oleh Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag, selaku Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI. Dalam sambutannya beliau berpesan bahwa menuntut ilmu tidak memiliki batas akhir. Karena dalam hadis Nabi bersabda bahwa tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat. Beliau juga berharap kepada para wisudawan dan wisudawati untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi sehingga ilmunya bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

Turut hadir juga dalam acara wisuda ini Bapak H. Ahmad Jahid, selaku Kepala Seksi Pondok Pesantren dan Ma’had Aly DKI Jakarta, Ibu Hj. Dra. Darra Sidrati, M. Pd. selaku Kepala Seksi Bidang Pendidikan Kesetaraan dan Sistem Informasi DKI Jakarta, Bapak M. Faesol dari Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta serta beberapa ustadz dan ustazah lainnya.

Sebelum acara ini ditutup terdapat penyerahan prestasi penghargaan yang diberikan kepada para wisudawan dan wisudawati. Di antaranya adalah penghargaan santri dengan kategori hafalan terbaik, hafalan tercepat, nilai tertinggi, tajwid terbaik, santri paling teladan dan disiplin, santri teraktif dan terkreatif, serta santri terbersih dan terapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.